Digital clock

Pengertian Dan Fungsi Matematika Sekolah

Author hasan mugai - -
Home » Pengertian Dan Fungsi Matematika Sekolah


Pengertian Dan Fungsi Matematika Sekolah
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang penting disekolah, dimana kedudukan matematika sebagai salah satu ilmu dasar. Matematika sebagai salah satu ilmu dasar kini telah berkembang amat pesat, baik materi maupun kegunaannya, sehingga dalam pembelajarannya diruang lingkup sekolah  harus memperhatikan perkembangan-perkembangannya, baik dimasa lalu, masa sekarang maupun kemungkinan-kemungkinannya untuk masa depan. 

        Pengertian Matematika Sekolah
Matematika sekolah adalah matematika yang diajarkan disekolah yaitu matematika yang diajarkan di pendidikan dasar (SD & SMP) dan Pendidikan Menengah (SMU & SMK). Hal ini berarti, bahwa yang dimaksud dengan kurikulum Matematika adalah Kurikulum pelajaran Matematika yang diberikan di jenjang pendidikan menengah kebawah, bukan diberikan dijenjang pendidikan tinggi.

Matematika sekolah terdiri atas bagian – bagian matematika yang dipilih guna menumbuh kembangkan kemampuan – kemampuan dan membentuk peribadi serta berpandu pada perkembangan IPTEK. Hal ini menunjukan bahwa Matematika Sekolah tetap memiliki ciri – ciri yang dimiliki matematika yaitu memiliki objek kejadian yang abstrak serta berpola piker Deduktif, Konsisten. 

Fungsi Matematika Sekolah
Fungsi mata pelajaran matematika sebagai: alat, pola fikir, dan ilmu atau pengetahuan, dimana fungsi tersebut hendaknya dijadikan acuan dalam pembelajaran matematika sekolah. 

Matematika sebagai alat
Siswa di beri pengalaman menggunakan matematika sebagai alat untuk memahami atau menyampaikan suatu informasi misalnya melalui persamaan-persamaan atau table-tabel dalam model-model matematika yang merupakan penyederhanaan dari soal-soal cerita atau soal-soal uraian matematika lainnya. Bila seorang siswa dapat melakukan perhitungan, tetapi tidak tahu alasannya, maka tentunya ada yang salah dalam pembelajarannya atau ada sesuatu yang belum dipahaminya. 

Matematika sebagai pola fikir
Belajar matematika bagi para siswa, juga merupakan pembentukan pola pikir dalam pemahaman suatu pengertian maupun dalam penalaran suatu hubungan diantara pengertian-pengertian tersebut. Para siswa dibiasakan untuk memperoleh pengetahuan melalui pengalaman tentang sifat-sifat yang dimiliki dan yang tidak dimiliki dari sekumpulan objek yang abstrak, sehingga siswa mampu membuat perkiran, terkaan, atau kecenderungan berdasarkan kepada pengalaman atau pengetahuan yang dikembangkan melalui contoh-contoh khusus (generalisasi). 

Matematika sebagai ilmu atau pengetahuan
Sebagai ilmu pengetahuan tentunya pengajaran matematika diseklah harus diwarnai oleh fungsi ini dimana kita sebagai guru harus mampu menunjukan betapa matematika selalu mencari kebenaran dan bersedia meralat kebenaran yang telah diterima, bila ditemukan kesempatan untuk mencoba mengembangkan penemuan-penemuan sepanjang mengikuti pola pikir yang sah.



Sumber: Pembelajaran Matematika Kontemporer, Erman Suherman dkk, Bandung:JICA-UPI


Sumber : http://rickimaths.blogspot.com/2012/12/pengertian-dan-fungsi-matematika-sekolah.html

Selamat datang di blog CAPTAIN 9, Terima kasih telah berkunjung di blog kami.. Semoga anda senang!!